Kamis, 16 Juni 2016

Rekap Heuristic Evaluation - KAI Access

Setelah melakukan pembahasan mengenai pelanggaran prinsip heuristic pada aplikasi KAI Access secara detail. Berikut ini adalah hasil rekap secara garis besar pelanggaran yang terjadi beserta skala seversitasnya.



Heuristik Masalah Usabilitas yang Ditemukan Severitas
H1
  • Tombol menu tidak memberikan feedback
2
H2

-
H3

-
H4
  • Penggunaan icon tidak sesuai standar
  • Penggunaan input dialog tidak sesuai standar
2
2
H5
  • Tidak memberikan keterangan ketidaktersediaan
4
H6

-
H7
  • Harus mengisi ulang data pencarian tujuan ketika batal memilih kereta
4
H8

-
H9
  • Tidak memberikan pesan error dengan jelas
4
H10

-


*satu masalah usabilitas dapat melanggar lebih dari 1 heuristik

Keterangan:

H1  : Visibility of system status

H2  : Match between system and the real world

H3  : User control and freedom

H4  : Consistency and standards

H5  : Error prevention

H6  : Recognition rather than recall

H7  : Flexibility and efficiency of use    

H8  : Aesthetic and minimalist design

H9  : Help users recognize, diagnose, and recover from errors

H10 : Help and documentation

Severitas: 
1 = Cosmetic : not to be fixed (kesalahan kosmetik, tidak perlu diperbaiki). 
2 = Minor : need fixing but low priority (masalah minor, butuh perbaikan dengan prioritas rendah). 
3 = Major : need fixing and high priority (masalah mayor, penting untuk diperbaiki sehingga harus diberi prioritas yang tinggi). 
4 = Catastrophe: imperative to fix (bencana, sangat penting untuk diperbaiki).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar