Kamis, 16 Juni 2016

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors - KAI Access

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors adalah prinsip yang menjelaskan bahwa pesan kesalahan harus disampaikan dengan bahasa yang sederhana (tanpa kode), tepat menunjukkan masalah, dan benar-benar memberikan solusi kepada pengguna. Pada aplikasi KAI Access terdapat pelanggaran terhadap prinsip ini yaitu:


Screenshot: 


Masalah Usabilitas:
Tidak memberikan pesan error dengan jelas

Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan:
ketika saya menginputkan password berupa digit angka semua, aplikasi hanya memberikan pesan error “invalid password” tanpa memberi tahu bahwa password harus kombinasi antara huruf dan angka.

Saran perbaikan yang dapat dilakukan:
Berikan informasi error sejelas mungkin sehingga pengguna tidak memikirkan sendiri apa kesalahannya. Contoh pesan : “Password harus kombinasi angka dan huruf”

Skala Severitas:
4
 

3 komentar:

  1. benar, pengguna kadang merasa bingung dikarenakan pemberitahuan erorr yang tidak detail. Seharusnya bisa saja ada error preventation juga agar user tidak salah memasukkan inputan

    BalasHapus
  2. Saya setuju karena terkadang kita juga harus diberitahu apakah error di capslock atau ditempat lain. Kalau tidak ada pemberitahuan seperti tu maka prinsip 'Help User Diagnose and Recover from Error" belum terpenuhi

    BalasHapus
  3. Penanganan eror dan penyampaian eror yang baik dan informatif akan sanagat membantu user dalam melakukan pemesanan, 'don't make user think' harus menjadi filosofi yang diterapkan pada aplikasi, sehingga user sering / tidak kapok dalam menggunakan KAI access

    BalasHapus